Wajah Depan TIK

Dampak sebuah teknologi industri komunikasi tampaknya tidak bisa ditampilkan dalam satu sisi. Kenapa? Hal ini dikatakan oleh Joseph Dominick bahwa dampaknya bisa positif maupun negatif. Positifnya adalah banyak kemudahan akses sekaligus kecepatan akses yang akan banyak dialami oleh user di masa depan. Negatifnya, adalah sebagai berikut:

  1. Makin mengecilnya ruang privasi. Keberadaan komputer lengkap dengan internet, seperti misalnya kasus user yang dapat mengirim dan menerima email pribadi (yang dulu masih berbentuk surat pos) memancing tindakan kejahatan online untuk ikut mengakses email dengan cara meng-hack. Atau misalnya, belanja on-line, yang menggunakan kartu kredit, juga dapat memancing kejahatan online untuk belanja dengan menggunakan kartu kredit user. Ini berarti apa? Ini mengasumsikan bahwa makin majunya teknologi industri komunikasi, memungkinkan pula makin tingginya kemudahan dan akses, yang menyebabkan makin mengecilnya ruang privasi user karena terancam diketahui pula oleh pihak-pihak lain.
  2. Makin terisolasinya lingkungan. Keberadaan media yang semakin akrab dengan dunia rumah, membuat si user menjadi ‘agak’ malas keluar dari peraduan rumahnya. Media dengan segala bentuk dan fiturnya memanjakan user dengan terus memberikan update-update berita menarik bagi user. Sementara kegiatan sehari-hari yang membutuhkan energi untuk keluar rumah pun sudah bisa diantisipasi. Misalnya, kegiatan belanja ke pasar yang bisa diganti dengan belanja online. Atau ketika harus membayar tagihan, bisa hanya dengan memencet handphone, dan selesai sudah urusan. Atau juga bekerja yang biasanya harus ke kantor, bisa dengan lancar dikerjakan di rumah. Ketika harus meeting di suatu tempat, bisa diganti dengan conference via media online. Semuanya bisa dilakukan di rumah. Kalau sudah begitu, kegiatan outdoor pun bisa menjadi kebutuhan terakhir di masa depan nanti.
  3. Kenyataan dunia menjadi semakin maya. Sebenarnya saat ini sudah tergambar, ketika kenyataan dunia menjadi semakin maya, sementara yang maya menjadi semakin nyata. Kenapa? Ketika dulu biasanya orang rela datang ke bioskop hanya untuk membedakan sound effect yang canggih, kini hal itu sudah bisa dinikmati di dalam rumah, dengan teknologi home audio yang gak kalah sedap. Ingin entertain yang melibatkan banyak orang? Tinggal klik internet game online yang menyediakan beragam game-game menarik yang menggoda user. Bahkan sekarang ada game online yang fitur pokoknya adalah menawarkan second life untuk user yang mungkin tidak atau kurang puas hidupnya dengan sekarang. Kalau sudah begini mau apa? Apakah user akan tetap berada di dunia yang benar-benar nyata atau makin tenggelam dengan dunia mayanya? Silakan deh dipilih..

About afrilwibisono

Online and Digital Marketing are passion fieldwork for Afril. Start with career in LG Electronics Indonesia, Afril has gained multi cross experience on communication, public relations, marketing, digital and online marketing. She has worked at Rajakamar International Group , as Marketing Digital and Communication Division Head. Previously, she was Marketing Communication Manager at Rajawali Corpora - Express Group (2012), Corporate Communication Manager for Mensa Group, PR Manager for Restylane Indonesia and Digital Manager for Chicco Indonesia as well (2008 - 2011) . Now, she acts as CMO at 8commerce, a scalable end to end ecommence enabler. In weekend, she acts as official lecturer for marketing communication major in Bina Nusantara University. About her education history, in 2001 she finished her bachelor degree with cum laude status from Communication Universitas Padjadjaran. Then, in June 2010 she finished her master of communication management from Universitas Indonesia.
This entry was posted in Communication Studies. Bookmark the permalink.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s