Consumer Insight itu Segalanya …

 

    Insight. Insight. Insight.

 Ingin berhasil program komunikasi pemasaran Anda?  Tiga kata itu penting menjadi basisnya. Insight customer adalah hal-hal yang paling utama dipertimbangkan customer,  yang diperhatikan customer, yang diperlukan customer, yang dibenci customer, yang dihindari customer, dan lain sebagainya. Pandangan dan pendapatnya tentang sebuah ide komunikasi pemasaran harus menjadi dasar untuk mengukur kira-kira berhasil tidak program ini.

Kata ini seolah menjadi mantra yang bakal meng-gol-kan sebuah strategi komunikasi maupun pemasaran, sehingga diharapkan komunikasi maupun kegiatan pemasaran bisa diterima konsumen dengan lebih mudah dan engaging.

Berbicara soal insight, belum banyak yang menyadari bahwa internet sebagai sebuah medium juga memiliki consumer insight sendiri. Bagi yang biasa berbicara tentang grand strategy dan belum mengenal medium internet ini secara mendalam, biasanya cenderung menghindari membahas hal ini karena dianggap ‘membuat kotak tersendiri’, karena seharusnya sebuah komunikasi akarnya adalah human insight.

Sebelum berbicara tentang insight medium, kita harus berbicara hal yang paling mendasar yaitu human insight. Namun, ketika kita berbicara komunikasi online, kita juga harus mengingat bahwa bahwa komunitas online memiliki perilaku tersendiri yang dikenal dengan istilah Online User Behavior.

Beberapa contoh online user behavior yang paling dasar adalah:

– Konsumen ingin informasi penting terdisplay secara jelas, bukan disumputin di sebuah menu

– Nama menu harus menggambarkan content, biar konsumen tidak mebuang waktu meng-klik info yang tidak dibutuhkan.

– Konsumen benci iklan pop up.

– Konsumen cenderung meninggalkan situs yang untuk membukanya perlu loading lama.

– Konten yang basi pasti ngga akan dikunjungi

– Audio yang hidup secara otomatis itu mengganggu.

–  masih banyak lagi

Adanya web 2.0, membuat online user behavior semakin kompleks. Keberadaan forum, maling list dan blog yang menjunjung asas bebas merdeka berbicara, menuntut konsultan komunikasi dan pemasaran lebih cermat dalam membuat pendekatan komunikasi online. Memahami behavior internet user ketika berinteraksi di user generated content adalah hal yang wajib dilakukan sebelum memutuskan membuat komunikasi yang berbentuk diskursif.

Untuk para pemilik brand: Ada 32 juta internet user di Indonesia yang mostly adalah potential buyer. Angka ini jauh meninggalkan jumlah pembaca koran. Seriuslah menggarap mereka, atau kompetitor Anda yang akan melakukannya. PS:Silahkan googling istilah online behavior, dan Anda akan mendapatkan banyak contoh tentang online behavior itu sendiri serta perkembangannya.

posted by Afril Wibisono

About afrilwibisono

Online and Digital Marketing are passion fieldwork for Afril. Start with career in LG Electronics Indonesia, Afril has gained multi cross experience on communication, public relations, marketing, digital and online marketing. She has worked at Rajakamar International Group , as Marketing Digital and Communication Division Head. Previously, she was Marketing Communication Manager at Rajawali Corpora - Express Group (2012), Corporate Communication Manager for Mensa Group, PR Manager for Restylane Indonesia and Digital Manager for Chicco Indonesia as well (2008 - 2011) . Now, she acts as CMO at 8commerce, a scalable end to end ecommence enabler. In weekend, she acts as official lecturer for marketing communication major in Bina Nusantara University. About her education history, in 2001 she finished her bachelor degree with cum laude status from Communication Universitas Padjadjaran. Then, in June 2010 she finished her master of communication management from Universitas Indonesia.
This entry was posted in PR 2.0 and tagged , , , , , . Bookmark the permalink.

3 Responses to Consumer Insight itu Segalanya …

  1. Pingback: insight adalah | Nikmat tuhan yang mana yang dapat kamu ingkari

  2. Aisya Utami says:

    Terima kasih banyak infonya. Saya sangat terbantu.

  3. Travel Blog says:

    Korelasi trend behavior audience dengan UX juga sangat erat kaitannya

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s