Kategorisasi Brand: Rajakamar, Hotel Murah Nett tanpa Tambahan (2)

afril wibisonoAgak melompat dari semen, tapi kita coba  tengok pemain brand di bisnis reservasi hotel online seperti Rajakamar, Agoda atau Booking.  Bagaimana dengan kategorisasi masing-masing brand?

Tiga brand online reservasi hotel tersebut memiliki karakternya sendiri-sendiri, yang memungkinkan customernya sendiri berbeda. Dan masing-masing brand ada kelemahan dan kelebihan, yang karena harus fokus pada kategorisasi brand maka yang dipush adalah kelebihannya.

Agoda dan Booking.com adalah pemain pioneer yang bermain di bisnis online reservasi hotel kelas dunia. Namanya sudah membumi, yang bagi banyak orang keberadaan brand ini memudahkan proses reservasi hotel hanya dalam genggaman. Adalah Rajakamar dengan situsnya http://www.rajakamar.com menjadi pengikut bisnis yang sama, hanya memfokuskan pada reservasi hotel khusus Indonesia.  Mengambil judul Rajakamar, yang artinya dalam bahasa Inggris adalah King of Rooms, Rajakamar fokus pada hotel dengan hotel murah nett tanpa tambahan.  Kenapa ada tambahan kata ‘Nett tanpa Tambahan’? Karena di bisnis online reservasi hotel banyak yang menawarkan harga paling murah. Sehingga tidak ada diferensiasi yang pasti jika kategorisasi ini diambil juga oleh Rajakamar.  Dengan tambahan yang lebih spesifik ‘hotel murah nett tanpa tambahan’ yang juga merupakan kelebihan dari si Rajakamar, maka dipilihlah kata-kata ini sebagai kategorisasi brand yang dicecokki ke pikiran customer dan future customer.  Dan memang Rajakamar dalam membuat setting price -nya adalah harga yang cenderung ‘grosir’.  Atau istilahnya tidak ambil untung banyak. Dan inilah satu-satunya yang paling cocok dijadikan kelebihan yang perlu dipopulerkan.

Tidak sampai di situ, untuk memantapkan kampanye promosinya, Rajakamar bermain strategis di activation ATL dan infrastrukturnya. Beberapa diantaranya, beriklan di bandara Soekarno Hatta, yang memang diperuntukkan untuk orang-orang yang ingin berpergian.  Membangun aplikasi mobile nya dalam mobile view, android dan Blackberry. Dan sangat aktif di kampanye SEO dan SEM nya. Baru-baru ini Rajakamar menduduki peringkat pertama untuk pencarian keyword hotel murah, hotel murah di jakarta, hotel murah di bandung, dan beberapa keyword strategis lainnya di search engine Google. Alasan kenapa harus keyword strategis sesuai dengan kategorisasi brand yang dipilih, adalah supaya pisau yang kita miliki dalam bermain di marketing war lebih tajam. Dan hasilnya mulai kelihatan.

Jadi balik lagi, sebelum membesarkan brand, mari jawab pertanyaan berikut.  Kategorisasi brand Anda apa?🙂

Tulisan sebelumnya, Kategorisasi Brand: Rajakamar, Hotel Murah Nett tanpa Tambahan (1)

Posted by Afril Wibisono

 

About afrilwibisono

Online and Digital Marketing are passion fieldwork for Afril. Start with career in LG Electronics Indonesia, Afril has gained multi cross experience on communication, public relations, marketing, digital and online marketing. She has worked at Rajakamar International Group , as Marketing Digital and Communication Division Head. Previously, she was Marketing Communication Manager at Rajawali Corpora - Express Group (2012), Corporate Communication Manager for Mensa Group, PR Manager for Restylane Indonesia and Digital Manager for Chicco Indonesia as well (2008 - 2011) . Now, she acts as CMO at 8commerce, a scalable end to end ecommence enabler. In weekend, she acts as official lecturer for marketing communication major in Bina Nusantara University. About her education history, in 2001 she finished her bachelor degree with cum laude status from Communication Universitas Padjadjaran. Then, in June 2010 she finished her master of communication management from Universitas Indonesia.
This entry was posted in Communication Studies, PR 2.0 and tagged , , , , . Bookmark the permalink.

2 Responses to Kategorisasi Brand: Rajakamar, Hotel Murah Nett tanpa Tambahan (2)

  1. Pingback: Kategorisasi Brand: Rajakamar, Hotel Murah Nett tanpa Tambahan (1) | Strategic Communication

  2. dhony raka says:

    Halo Mba April apa kabar ? ulasan yang bagus tuh mba, mengenai positioning brand dan making differensiasi brand…btw kok sdh ga di rajakamar toh mba ? aku masuk, eh mba april malah menghilang, piye toh…btw masih inget ga sama saya mba😀

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s